header besar dan yeyet

Cara Membahagiakan Diri Sendiri

 

Cara membahagiakan diri sendiri

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh


Siapa sobat yeyetkusmiati.com yang ingin bahagia? Pasti semuanya ingin bahagiakan? Di challenge bersama blogspedia kali ini penulis akan membagikan tips cara membahagiakan diri sendiri.


Namun sebelumnya kita akan bahas dulu apa dan bagaimana sih bahagia itu? ,Kita langsung saja ya di baca artikelnya .


Pengertian Bahagia.


Definisi Kebahagiaan Menurut Para Ahli


1. Aristoteles (dalam Adler, 2003) 

Happiness atau kebahagiaan berasal dari kata “happy” atau bahagia yang berarti

feeling good, having fun, having a good time, atau sesuatu yang membuat pengalaman yang menyenangkan.


2. Rusydi (2007)

Kebahagiaan merupakan sebongkahan perasaan yang dapat dirasakan berupa perasaan senang, tentram, dan memiliki kedamaian.


3. Biswas, Diener & Dean (2007) 

Kualitas dari keseluruhan hidup manusia – apa yang membuat kehidupan menjadi baik secara keseluruhan seperti kesehatan yang lebih baik, kreativitas yang tinggi ataupun pendapatan yang lebih tinggi.


Definisi Bahagia Menurut Islam


Dalam ajaran islam, kata bahagia memiliki definisi lain. Arti bahagia menurut islam adalah perasaan tenang yang ada dalam setiap pemeluk agama islam karena memiliki Allah SWT sebagai tujuan hidupnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al Fath ayat 4.

"Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana"


Dalam ayat di atas terdapat kata tentara langit dan bumi. Maksud dari kata tersebut adalah bahwa penolong bagi orang-orang mukmin adalah para malaikat , angin, binatang dan lain sebagainya.


Dan inilah yang menyebabkan seorang mukmin sejati merasa tentram dan senang karena mereka memiliki Allah sebagai penolongnya. 


Oleh karena itu, seorang muslim sejati akan selalu mengingat Allah SWT dalam kondisi senang maupun susah. Inilah sebuah gambaran arti bahagia menurut islam.


Cara Membahagiakan Diri Sendiri


Nah di atas kita sudah mengetahui arti bahagia baik menurut para ahli ataupun menurut Islam, sekarang sobat yeyetkusmiati.com, bisa lebih gampang menetahui cara membahagiakan diri sendiri.


Dan ini penulis akan share cara membahagiakan diri sendiri ala yeyetkusmiatia.com


  1. Selau berayukur

Kebagiaan sejatinya ada dalam diri sendiri, ketika kita sudah bisa mensyukuri apa keadaan kita sekarang dengan hati yang lapang maka kebahagian itu akan muncul sendirinya .

"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”.(Q.s Ibrahim ayat :7)

Bahkan allah menjamin jika kita bersyukur maka Allah akan tambahkan nikmatnya kepada kita.


  1. Berbagi dengan sesama


 Dengan berbagi kepada orang lain kita akan merasakan kebahagian, karena kita merasa senang jika melihat senyuman atau kebagian orang lain.


Berbagi khususnya bagi mereka yang kurang mampu atau membutuhkan bantuan. Berbagi ini tentu saja tidak akan mengurangi rezeki dan pahala kita. Justru dengan berbagi, kita bisa saling memberi kebahagiaan. 


Kita akan merasakan kebahagian ketika melihat Orang yang kita bantu senang.


  1. Menempatkan kebahagian dunia bukan sebagai tujuan akhir


Dan cara membahagiakan diri sendiri yang ke tiga adalah dengan menempatkan kebahagian dunia bukan sebagai tujuan akhir . 


Pasti sobat bertanya tanya ke cara begitu sih caranya …? Jadi begini dunia ini jangan di jadikan sebagai tujuan akhir hidup .kebahagian sejati dan kebahagiaan yang kekal sulit didapa di dunia , karena memang bukan tempatnya kebahagian sejati ada di dunia.


Untuk itu, semakin manusia mengejar kebahagiaan di dunia maka semakin juga manusia tidak akan bisa mendapatkan kebahagiaan tersebut. 


Di dunia tidak tersedia kebahagiaan yang sejati sedangkan manusia adalah makhluk yang tidak pernah memiliki kepuasan sampai puncaknya.


Untuk itu, sebagaimana ajaran islam, hendaklah menempatkan dunia hanya sebagai tempat singgah dan kendaaraan untuk menuju akhirat. 


Menjadian dunia sebagai tujuan tentu sebuah kekeliruan, dan kebahagiaan tidak pernah dicapai. Yang bisa manusia lakukan adalah menikmati dan mensyukuri dari yang ada dan telah Allah berikan.


Nah begitu sobat cara membahagiakan diri sendiri ala yeyetkusmiati.com ,jadi membahagiakan diri itu gak perlu kita menghabiskan uang banyak , semoga bermanfaat ya.


Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Related Posts

Post a Comment